MAKALAH ISDN PDF

ISDN memungkinkan sinyal digital ditransmisikan ISDN memungkinkan sinyal from ECON at Punjab Engineering College. Makalah ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan program pendidikan S1 Teknik Asynchronous Transfer Mode (ATM) pada Jaringan ISDN; University of . Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2, dengan bandwidth maksimum 1 MBps. – Kategori 3 (Cat-3) Sering disebut kabel voice.

Author: Gar Shaktikree
Country: Burma
Language: English (Spanish)
Genre: Marketing
Published (Last): 6 September 2005
Pages: 54
PDF File Size: 10.1 Mb
ePub File Size: 10.28 Mb
ISBN: 822-7-80806-249-5
Downloads: 61246
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Shaktitaur

This document provides information about concepts of Network Layer, IP protocol, header and options. Internet Layer dan Transport Layer. Session Layer tentang session layer. Um Layer Maaklah Layer, air interface.

Makalah WAN – Free Download PDF

Quality of Service of transport layer When an application process wishes to setup a connection izdn a remote application process, it must specify which one to connect to. The method normally us Layer 3 Air Interface. Layer 3 Messages bss. Layer of Proteccion layer of protection analysis.

Uploaded from Google Docs. Putri Ramadhani 5. Penulisan makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Jaringan Komputer. Makalah ini masih jauh dari maalah, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca. Selain itu, perangkat keras dan perangkat lunak jaringan telah benar-benar berubah, di awal perkembangannya hampir seluruh jaringan dibangun dari kabel koaxial, kini makakah telah diantaranya dibangun dari serat optik fiber optics atau komunikasi tanpa kabel.

Sebelum lebih banyak lagi dijelaskan mengenai jaringan komputer secara teknis, pada bab pendahuluan ini akan diuraikan terlebih dahulu definisi jaringan komputer, manfaat jaringan komputer, dan macam jaringan komputer. Apakah yang dimaksud dengan Network Layer?

Apa yang dimaksud Network iwdn pada internet? Maklaah fungsi dari Network Layer? Selain itu ditujukan untuk memahami jsdn masalah dari makalah ini. Network layer berfungsi untuk pengendalian operasi subnet. Masalah desain yang penting adalah bagaimana caranya menentukan route pengiriman paket dari sumber ke tujuannya. Route juga dapat ditentukan pada saat awal percakapan misalnya session terminal.

Terakhir, route dapat juga sangat dinamik, dapat berbeda bagi setiap paketnya. Oleh karena itu, route pengiriman sebuah paket tergantung beban jaringan saat itu. Bila pada saat yang sama dalam sebuah subnet terdapat terlalu banyak paket, maka ada kemungkinan paket-paket tersebut tiba pada saat yang bersamaan.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya bottleneck. Pengendalian kemacetan seperti itu juga merupakan tugas network layer. Karena operator subnet mengharap bayaran yang baik atas tugas pekerjaannya. Untuk 2 membuat maaklah tagihan, setidaknya software mesti menghitung jumlah paket atau karakter atau bit yang dikirimkan oleh setiap pelanggannya. Accounting menjadi lebih rumit, bilamana sebuah paket melintasi batas negara yang memiliki tarip yang berbeda.

Perpindahan paket dari satu jaringan ke jaringan lainnya juga dapat menimbulkan masalah yang tidak sedikit. Cara pengalamatan yang digunakan oleh sebuah jaringan dapat berbeda dengan cara yang dipakai oleh jaringan lainnya.

Suatu jaringan mungkin tidak dapat menerima paket sama sekali karena ukuran paket yang terlalu besar. Protokolnyapun bisa berbeda pula, demikian juga dengan yang lainnya. Network layer telah mendapat tugas untuk mengatasi semua masalah seperti ini, sehingga memungkinkan jaringan-jaringan yang berbeda untuk saling terinterkoneksi.

  INTRODUCTION TO TANTRA YESHE PDF

Fungsi dari layer ini adalah: Men-enkapsulasi segment dari transport layer kedalam packet dan memberikan alamat dengan cara menambah header kedalam segment 3. Mengirim packet melewati network ke host tujuan 4. Men-dekapsulasi packet menjadi segment dengan cara menghilangkan header yang diberikan saat enkapsulasi dan memberikan kepada transport layer Encapsulation Segment Protokol dalam Network Layer antara lain: Karakteristik dari Internet Protocol adalah: IP address didesain dengan low overhead supaya didapat kecepatan yang maksimal 2.

Connectionless artinya tidak melakukan set connection dengan host tujuan sebelum mengirim packet 3. Best effort atau unreliable, tidak ada pengecekan apakah data sampai ketempat tujuan dengan utuh atau tidak. Layer ini juga mendefinisikan fragmentasi dari sebuah paket dengan ukuran unit yang lebih kecil. Router adalah contoh yang tepat dari definisi layer ini.

Lapisan ini menyediakan teknologi switching dan routing, membuat jalur logis -yang dikenal sebagai sirkuit virtual- untuk transmisi data dari node ke node. Routing dan forwarding adalah fungsi dari lapisan ini, serta pengalamatan, internetworking, error handling, kontrol kongesti dan sequensi paket. Network layer berfungsi untuk pengendalian operasi subnet, mendefinisikan alamatalamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router.

Route dapat 5 didasarkan pada table statik yang dihubungkan ke network. Route juga dapat ditentukan pada saat awal percakapan, misalnya session terminal. Amkalah utama dari layer network adalah menyediakan fungsi routing sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan yang berada pada suatu network lain. IP, Internet Protocol, umumnya digunakan untuk tugas ini.

Protokol ini telah dimasukkan ke sistem operasi Netware. Secara umum fungsi dari network layer adalah: Membagi aliran data biner ke paket diskrit dengan panjang tertentu b. Memperbaiki error dengan mengirim ulang paket yang rusak d. Mengangkut lalu lintas antar peralatan yang tidak terhubung secara local f.

Paket diterima oleh interface router g. Router akan mencek alamat IP tujuan h. Melakukan routing tabel Fungsi lainnya adalah Untuk mendefinisikan alamat-alamat IP membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer Data pada layer ini berbentuk paket.

Piranti-piranti, protocol-protocol, dan programprogram yang berjalan pada layer Network bertanggung jawab untuk mengidentifikasikan, memilah, dan mengarahkan traffic yang melalui antar-jaringan. Jaringan menjelaskan beberapa kumpulan dari piranti terhubung bersama-sama untuk berbagi informasi dan resources dan juga saling berkomunikasi.

Makalah WAN

Secara fisik, nakalah diidentifikasikan oleh segmen-segmen media transmisi dan juga oleh addressaddress jaringan. Subnetting Jaringan Suatu jaringan didefinisikan oleh address jaringannya. Address jaringan dapat mempunyai arti baik internal maupun external. Dilihat dari luar jaringan tersebutsebuah address jaringan dapat mengidentifikasikan suatu jaringan dibawah satu administrasi.

Secara internal, jaringan itu sendiri dapat dibagi kedalam beberapa jaringan, dimana masing-masing mempunyai address jaringannya sendiri-sendiri.

Subnetting Layer Network Jaringan ini sebagai jaringan yang di manage oleh satu organisasi. Akan tetapi secara internal, jaringan ini mempunyai banyak subnet-subnet. Setiap subnet tidak dapat berkomunikasi satu sama lain, akan tetapi dengan router-router semua piranti bisa melakukan komunikasi satu sama lain antar jaringan sesuai dengan rule security yang dibuat. Routerrouter menghubungkan jaringan-jaringan, segmen jaringan dengan address-address yang berbeda. Address Layer Network 7 Pada layer Data Link, address-address mengidentifikasikan masing-masing piranti fisik.

  FARTHER AWAY FRANZEN PDF

Akan tetapi mengidentifikasikan address fisik tersebut belumlah cukup untuk bisa melakukan komunikasi dan melakukan makxlah antar-jaringan. Kemampuan untuk melakukan routing antar jaringan tergantung identifikasi jaringan-jaringan. Hal ini bisa dilakukan dengan addressing jaringan, disebut juga logical addresses untuk membedakan mereka dari address fisik yang dipakai pada layer Data Link.

Logical addresses meng-identifikasikan kedua segmen address jaringan, dan address piranti itu sendiri, walaupun piranti mempunyai address fisik juga. Address jaringan secara tipical berisi dua komponen: Pertama-pertama paket sampai pada layer Network pada komputer A. Piranti ini juga menambahkan address asal piranti A dan jaringan AA sehingga piranti penerima dapat membalas seperlunya.

Pada layer Data Link piranti ini menambahkan address pirantinya sendiri 30 dan juga address piranti pada hop berikutnya Paket sampai pada router B dan router Mamalah memeriksa address Data Link tujuan pada paket tersebut dan ternyata ditujukan pada nya, maka router B tersebut melepas address Data Link layer. Kemudian router B ini memeriksa address Network layer tujuan. Ternyata address network layer ini tidak berada pada jaringan router B.

Kemudian router memaket ulang address layer Data Link tujuan dan juga address Piranti dirinya sendiri 40 dan juga address piranti pada hop router C berikutnya Router C menerima paket tersebut dan menghapus address piranti 40 50dan memeriksa address isdj tujuan dan diketahui bahwa address jaringan ada pada jaringan dia sendiri sementara address layer Data Link tujuan adalah piranti D.

Point-point berikut perlu dipahami mengenai bagaimana paket berjalan menuju address tujuan melintasi suatu rute antar-jaringan.

Kedua address physical layer Data Link dan address logical layer Network digunakan dalam proses pengiriman. Address Network berisi kedua address logical Network dan address logical piranti. Address asal dan address tujuan dari masing-masing address logical Network dan juga address logical piranti keduanya ada didalam paket d. Address layer Data Link tujuan menunjukkan address physical MAC address dari piranti pada hop berikutnya.

Address layer Data Link tujuan pada paket berubah ketika paket dikirim dari satu hop ke hop berikutnya. Address Network tujuan menunjukkan address dari piranti tujuan terakhir. Address Network tetap konstan ketika paket berjalan menuju dari hop ke hop. Address Network menunjukkan kedua address logical jaringan dan logical piranti. Protocol-protocol Routing Protocol-protocol layer Network adalah proses software yang melakukan fungsi routing antar-jaringan.

Suatu router Cisco dapat menjalankan beberapa protocol layer Network sekaligus dimana setiap protocol berjalan independen satu sama lain. Suatu protocol routing adalah protocol layer Network sesungguhnya yang menjalankan fungsi routing antar jaringan.

admin